FarmaKepo Eps 25: Daftar Obat-obatan Yang Termasuk Doping #HAORNAS

Masih dalam rangka memperingati HARI OLAHRAGA NASIONAL #HAORNAS dan lanjutan dari episode sebelumya kita sudah bahas tentang apa itu Doping dan bahayanya (kalau belum tonton di sini ya https://youtu.be/XGKh_c_8Yio ) sekarang kita bahas yuk daftar obat-obat yang bisa disalahgunakan utnuk doping apa aja. Sebagai Apoteker dan TTK wajib banget tahu tentang ini, yuk tonton pembahasannya […]

FarmaKepo Eps 24: Mengenal Doping, Bahaya dan Daftar Obatnya #HAORNAS

Tahukah Swipers setiap tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional? Yap untuk memeringati hari ini kita bahas yuk terkait DOPING. Seperti yang Swipers sering dengar Doping sering disalahgunakan oleh oknum atlet untuk berbagai tujuan tertentu. Tapi sebenarnya doping ini merupakan obat-obatan yang digunakan untuk penyakit tertentu lho. Swipers sebagai Apoteker dan TTK wajib banget […]

FarmaKepo Eps 23: Angin Duduk Sering jadi Penyebab Kematian Mendadak? Begini Pengobatannya

Swipers pernah dengar tentang penyakit angin duduk? Emang bener penyakit ini disebabkan oleh angin? Hayo jangan salah kaprah ya Swipers, ternyata penyakit dengan nama ilmiah Angina Pectoris ini disebabkan oleh pembentukan plak atau lemak di pembuluh darah koroner lho. Siapa yang baru tahu? ā˜šŸ» Dan untuk pengobatannya dilakukan dengan cara modifikasi gaya hidup dan konsumsi […]

FarmaKepo Eps 21: Diklofenak vs Ibuprofen: Perbedaan, Persamaan dan Dosisnya

Swipers masih ingat dengan pembahasan NSID diĀ FarmaKepo Eps 17 Nah, di episode kali ini adalah lanjutannya nih Swipers! Kita akan bahas lebih dalam tentang obat NSAID yaitu ibuprofen dan diklofenak. Pasti Swipers familiarkan dengan kedua obat ini?! Yuk bahas lebih dalam di FarmaKepo Episode 21 ini. Cusss KEPOIN sekarang!

FarmaKepo Eps 19: Manfaat Sulfonilurea, Bagaimana Cara Kerja, Indikasi dan Dosis untuk Diabetes

Swipers, apakah kamu tahu jika diabetes merupakan penyebab kematian prematur dan juga penyebab utama kebutaan, penyakit jantung, hingga gagal ginjal, lho. Nih, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyebutkan prevalensi diabetes melitus di Indonesia berdasarkan diagnosis dokter pada umur di atas 15 tahun mengalami peningkatan dari 1,5% dari tahun 2013 menjadi 2% di tahun […]

FarmaKepo Eps 18: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat? Ini Daftar Obat yang Aman & Tidak Aman

Swipers, tahukah kamu? Setiap pekan pertama bulan Agustus diperingati sebagai #WorldBreastfeedingWeek atau #PekanASI. Tahun ini, tagline yang dikampanyekan adalah step up for breasfeeding, educate and support. Nah, pastinya sebagai SDM farmasi, Swipers bisa banget loh turut berperan menyukseskan kampanye ini. Cara yang paling sederhana adalah membekali diri dengan informasi yang penting terkait ibu menyusui yakni […]

FarmaKepo Eps 16: Sering Mengalami Nyeri Otot? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Hayo hayo siapa nih Swipers yang suka merasa nyeri otot? Kamu nggak sendiri Swipers, diperkirakan setiap tahun 20% populasi dunia juga mengalami nyeri dan setengahnya adalah nyeri kronis lho Swipers. Jangan menyepelekan nyeri otot. Rasa nyeri yang terus diabaikan dapat mengubah gaya hidup dan berdampak pada pekerjaan, hubungan, dan kemandirian. Yuk Apoteker dan TTK bantu […]